Persamaan dan perbedaan pengukuran, penilaian, dan evaluasi
A.
Pengertian
Evaluasi, Pengukuran, dan Penilaian
Menurut Uno dan Koni (2014, 03) Evaluasi
adalah proses pemberian makna atau ketetapan kualitas hasil pengukuran dengan
cara membandingkan angka hasil pengukuran tersebut dengan kriteria tertentu.
Menurut Ralph Tyler, dalam Arikunto (2013, 03) Evaluasi
merupakan sebuah proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana, dalam
hal apa, dan bagaimana tujuan pendidikan sudah tercapai. Jika belum, bagaimana
yang belum dan apa sebabnya.
Menurut Sukardi (2014, 02) Evaluasi secara umum,
yaitu suatu proses mencari data atau informasi tentang objek atau subjek yang
dilaksanakan untuk tujuan pengambilan keputusan terhadap objek atau subjek
tersebut.
Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan,
bahwa evaluasi adalah bagian dari penilaian yang pada akhirnya untuk mengambil
sebuah keputusan baik itu objek atau subjek. Misalnya mengevaluasi diri siswa,
guru, bahkan kegiatan belajar mengajar.
Menurut Linn dan Gronlund, dalam Uno dan Koni (2014,
01) Assessment (penilaian) adalah
suatu istilah umum yang meliputi prosedur yang digunakan untuk mendapatkan
informasi tentang belajar siswa (observasi, rata-rata pelaksanaan tes tertulis)
dan format penilaian kemajuan belajar.
Jadi, penilaian adalah suatu proses atau suatu cara
untuk mengambil keputusan dengan mengambil informasi yang melalui pengukuran
hasil belajar siswa baik itu yang menggunkan tes maupun non tes.
Menurut Uno dan Koni (2014, 02) secara sederhana
pengukuran dapat diartikan sebagai kegiatan atau upaya yang dilakukan untuk
memberikan angka-angka pada suatu gejala, peristiwa atau benda, sehingga hasil
pengukuran akan selalu berupa angka.
Jika dalam proses belajar dan pembelajaran,
pengukuran adalah suatu kegiatan yang dilakukan seorang guru untuk mengetahui
hasil belajar siswa yang hasilnya berupa angka-angka (kuantitatif).
B.
Persamaan
dan Perbedaan antara Evaluasi, Pengukuran, dan Penilaian
Dari beberapa pendapat para ahli di
atas terdapat persamaan dan perbedaan antara evaluasi, penilaian, dan pengukuran.
Perbedaannya adalah pengukuran bersifat kuantitatif, penilaian bersifat
kualitatif, sedangkan evaluasi meliputi kedua langkah di atas, yakni mengukur
dan menilai (Arikunto, 2013: 03). Sehingga hasil yang diperoleh dari kegiatan
evaluasi adalah kualitas yang menyangkut tentang nilai. Sedangkan persamaan
antara evaluasi dengan penilaian adalah sama-sama mempunyai pengertian menilai, sama-sama menentukan
nilai sesuatu, dan sama-sama bersifat kualitatif.
C.
Evaluasi,
Pengukuran, dan Penilaian dalam Pembelajaran
Evaluasi, penilaian, dan pengukuran harus ada di
dalam pembelajaran karena sebagaimana merujuk pada tujuan bahkan fungsi dari
evaluasi, penilaian, dan pengukuran itu sendiri. Menurut Buchori, dalam Uno dan
Koni (2014, 12) dalam pendidikan orang mengadakan evaluasi memenuhi dua tujuan
yaitu (1) untuk mengetahui kemajuan anak atau murid setelah murid tersebut
menyadari pendidikan selama jangka waktu tertentu, (2) untuk mengetahui tingkat
efisiensi metode-metode pendidikan yang dipergunakan pendidikan selama jangka
waktu tertentu.
Menurut Uno dan Koni (2014, 13) fungsi penilaian
pendidikan bagi guru adalah untuk (1) mengetahui kemajuan belajar peserta
didik, (2) mengetahui kedudukan masing-masing individu peserta didik dalam
kelompoknya, (3) mengetahui kelemahan-kelemahan cara belajar-mengajar dalam
PBM, (4) memperbaiki proses belajar-mengajar, dan (5) menetukan kelulusan
murid.
Menurut Arifin, dalam Rosyada (2012, 07) fungsi
pengukuran yaitu untuk menentukan kuantitas dari pada
sesuatu. Kata “sesuatu” bisa berarti peserta didik, guru, gedung sekolah, meja
belajar, white board, dan sebagainya.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa evaluasi,
penilaian, dan pengukuran harus ada di dalam pembelajaran karena evaluasi,
penilaian, bahkan pengukuran sangat penting dalam menentukan tujuan pencapaian
hasil belajar siswa.
Daftar Pustaka
Uno, Hamzah B dan Koni, Satria. 2014. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi
Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.
Jakarta: Bumi Aksara
Sukardi. 2014. Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Jakarta: Bumi Aksara
Komentar
Posting Komentar