Persamaan dan perbedaan pengukuran, penilaian, dan evaluasi



A.    Pengertian Evaluasi, Pengukuran, dan Penilaian
            Menurut Uno dan Koni (2014, 03) Evaluasi adalah proses pemberian makna atau ketetapan kualitas hasil pengukuran dengan cara membandingkan angka hasil pengukuran tersebut dengan kriteria tertentu.
Menurut Ralph Tyler, dalam Arikunto (2013, 03) Evaluasi merupakan sebuah proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana, dalam hal apa, dan bagaimana tujuan pendidikan sudah tercapai. Jika belum, bagaimana yang belum dan apa sebabnya.
Menurut Sukardi (2014, 02) Evaluasi secara umum, yaitu suatu proses mencari data atau informasi tentang objek atau subjek yang dilaksanakan untuk tujuan pengambilan keputusan terhadap objek atau subjek tersebut.
Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan, bahwa evaluasi adalah bagian dari penilaian yang pada akhirnya untuk mengambil sebuah keputusan baik itu objek atau subjek. Misalnya mengevaluasi diri siswa, guru, bahkan kegiatan belajar mengajar.
Menurut Linn dan Gronlund, dalam Uno dan Koni (2014, 01) Assessment (penilaian) adalah suatu istilah umum yang meliputi prosedur yang digunakan untuk mendapatkan informasi tentang belajar siswa (observasi, rata-rata pelaksanaan tes tertulis) dan format penilaian kemajuan belajar.
Jadi, penilaian adalah suatu proses atau suatu cara untuk mengambil keputusan dengan mengambil informasi yang melalui pengukuran hasil belajar siswa baik itu yang menggunkan tes maupun non tes.
Menurut Uno dan Koni (2014, 02) secara sederhana pengukuran dapat diartikan sebagai kegiatan atau upaya yang dilakukan untuk memberikan angka-angka pada suatu gejala, peristiwa atau benda, sehingga hasil pengukuran akan selalu berupa angka.
Jika dalam proses belajar dan pembelajaran, pengukuran adalah suatu kegiatan yang dilakukan seorang guru untuk mengetahui hasil belajar siswa yang hasilnya berupa angka-angka (kuantitatif).
B.     Persamaan dan Perbedaan antara Evaluasi, Pengukuran, dan Penilaian
            Dari beberapa pendapat para ahli di atas terdapat persamaan dan perbedaan antara evaluasi, penilaian, dan pengukuran. Perbedaannya adalah pengukuran bersifat kuantitatif, penilaian bersifat kualitatif, sedangkan evaluasi meliputi kedua langkah di atas, yakni mengukur dan menilai (Arikunto, 2013: 03). Sehingga hasil yang diperoleh dari kegiatan evaluasi adalah kualitas yang menyangkut tentang nilai. Sedangkan persamaan antara evaluasi dengan penilaian adalah sama-sama mempunyai  pengertian menilai, sama-sama menentukan nilai sesuatu, dan sama-sama bersifat kualitatif.
C.    Evaluasi, Pengukuran, dan Penilaian dalam Pembelajaran
Evaluasi, penilaian, dan pengukuran harus ada di dalam pembelajaran karena sebagaimana merujuk pada tujuan bahkan fungsi dari evaluasi, penilaian, dan pengukuran itu sendiri. Menurut Buchori, dalam Uno dan Koni (2014, 12) dalam pendidikan orang mengadakan evaluasi memenuhi dua tujuan yaitu (1) untuk mengetahui kemajuan anak atau murid setelah murid tersebut menyadari pendidikan selama jangka waktu tertentu, (2) untuk mengetahui tingkat efisiensi metode-metode pendidikan yang dipergunakan pendidikan selama jangka waktu tertentu.
Menurut Uno dan Koni (2014, 13) fungsi penilaian pendidikan bagi guru adalah untuk (1) mengetahui kemajuan belajar peserta didik, (2) mengetahui kedudukan masing-masing individu peserta didik dalam kelompoknya, (3) mengetahui kelemahan-kelemahan cara belajar-mengajar dalam PBM, (4) memperbaiki proses belajar-mengajar, dan (5) menetukan kelulusan murid.
Menurut Arifin, dalam Rosyada (2012, 07) fungsi pengukuran yaitu untuk menentukan kuantitas dari pada sesuatu. Kata “sesuatu” bisa berarti peserta didik, guru, gedung sekolah, meja belajar, white board, dan sebagainya.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa evaluasi, penilaian, dan pengukuran harus ada di dalam pembelajaran karena evaluasi, penilaian, bahkan pengukuran sangat penting dalam menentukan tujuan pencapaian hasil belajar siswa.

Daftar Pustaka
Uno, Hamzah B dan Koni, Satria. 2014. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Sukardi. 2014. Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Jakarta: Bumi Aksara

Komentar